4 Bahan Penyedap Makanan Alami Pengganti MSG

4 Bahan Penyedap Makanan Alami Pengganti MSG

MSG (monosodium glutamate) atau biasa dikenal sebagai vetsin ini seringkali diandalkan sebagian orang untuk menambahkan cita rasa masakan. Namun, tahukah Anda bahwasanya ada bahan penyedap makanan yang bisa digunakan sebagai pengganti vetsin? Bahan-bahan ini lebih aman dikonsumsi terutama bagi Anda yang mengalami masalah kesehatan dengan vetsin. Inilah bahan-bahan tersebut.

1. Gula dan Garam

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwasanya perpaduan antara gula dan garam dapat mengganti vetsin. Selain itu, campuran gula dan garam dapat memberikan cita rasa yang lebih sedap untuk masakan. Gula dan garam ini dapat diandalkan sebagai alternatif penyedap rasa alami yang mudah didapat, selain harganya yang cukup terjangkau.

Oleh karena itu, gula dan garam ini dapat Anda tambahkan dalam setiap jenis masakan. Apabila Anda tidak ingin terasa asin, Anda bisa menambahkan sedikit gula ke dalam masakan. Bisa juga Anda menggunakannya dengan perbandingan yang seimbang. Dengan begitu, makanan Anda akan terasa lebih nikmat dan gurih.

2. Bawang Merah dan Bawang Putih

Selain menggunakan gula dan garam, Anda juga bisa menggunakan bawang merah dan bawang putih. Kedua bahan alami ini merupakan syarat penting yang harus ada di dalam masakan. Tanpa kedua bahan ini, makanan akan terasa hambar. Pasalnya kedua bahan ini dapat memperkuat cita rasa masakan lebih sedap.

3. Kaldu Ayam dan Kaldu Sapi

Pilihan berikutnya ada kaldu ayam dan kaldu sapi. Perpaduan dari bahan ini cocok digunakan untuk masakan yang berkuah. Masakan yang berkuah akan terasa lebih sedap, gurih, asin dan sedikit terasa manis. Biasanya masakan akan terlihat sedikit pucat namun beraroma sedap dan cukup memikat selera makan.

Pembuatan kaldu ini dilakukan dengan cara merebus tulang atau bagian lainnya dari ayam atau sapi selama 1 sampai 3 jam menggunakan api kecil. Hasil rebusan air inilah yang memiliki cita rasa yang nikmat. Apabila tersisa banyak kaldu, Anda bisa menyimpannya di freezer agar bisa dijadikan stok keesokan harinya.

4. Kecap Asin dan Kecap Manis

Ada bahan lainnya yang juga bisa digunakan sebagai vetsin, yakni kecap asin dan kecap manis. Kecap merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung garam serta kaya akan glutamat alami.

Hal ini dikarenakan kecap telah melewati proses fermentasi sehingga memiliki kandungan glutamat alami yang cukup baik sebagai pengganti vetsin. Bagi Anda yang tidak terlalu suka menggunakan bahan ini, Anda bisa menggunakan bahan-bahan lainnya.

Itulah beberapa informasi mengenai perpaduan bahan alami sebagai penyedap makanan yang bisa menggantikan MSG atau vetsin. Beberapa bahan tersebut lebih aman dikonsumsi karena terbuat dari bahan alami. Selain itu, bahan-bahan tersebut juga mudah ditemukan baik itu di pasar tradisional maupun di minimarket dan toko kelontong. Harganya pun terbilang cukup terjangkau.