4 Langkah Mudah Memulai Pola Hidup Sehat

4 Langkah Mudah Memulai Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat nyatanya memang harus dijalankan setiap orang untuk menambah masa hidupnya dan terhindar dari berbagai penyakit kronis di usia tua. Selain itu, gaya hidup sehat juga akan berdampak langsung terhadap produktivitas, karena pasokan energi positif yang akan Anda dapatkan.

Itulah yang menjadi alasan kenapa memulai gaya hidup sehat mulai sekarang akan menjadi investasi kualitas hidup Anda di masa sekarang dan masa yang akan datang. Lantas, langkah apa yang harus Anda lakukan untuk memulai gaya hidup sehat? Simak langkah-langkah di bawah ini.

1. Minum Lebih Banyak Air

Kebanyakan orang tidak memperhatikan asupan air putih yang dikonsumsi. Nyatanya, air putih sangat dibutuhkan tubuh untuk menjalankan proses metabolisme agar berjalan semestinya. Tubuh akan mengeluarkan limbah dan mengedarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu air yang terus dikeluarkan setiap hari, baik itu melalui buang air besar, buang air kecil maupun keringat. Sebab itulah, Anda perlu mengonsumsi air putih secara rutin agar tidak jumlah kandungan air dalam tubuh tetap terjaga.

Sekedar informasi, buat Anda yang ingin mengetahui apakah Anda mendapatkan asupan air putih yang cukup? Anda bisa melihat warna urine Anda, jika warna urine berwarna kuning pucat atau tidak berwarna, berarti kebutuhan air putih Anda tercukupi.

2. Olahraga Teratur

Olahraga tidak selalu berkaitan dengan pergi ke pusat kebugaran. Anda bisa melakukan berbagai jenis olahraga yang Anda sukai untuk membiasakan gaya hidup sehat. Jika Anda suka bersepeda, Anda bisa melakukannya secara rutin. Satu hal yang harus Anda pegang adalah, membuat tubuh Anda aktif bergerak setiap harinya.

Dengan tubuh yang aktif bergerak, kalori yang mengendap dalam tubuh akan terbakar. Selain itu, juga akan membantu dalam mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Tak heran setelah Anda berolahraga, tubuh Anda akan terasa lebih bugar.

3. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Makanan yang Anda konsumsi akan berpengaruh langsung terhadap tubuh Anda, sebab itulah, Anda harus lebih bijak dalam memilih makanan yang ingin Anda konsumsi untuk mewujudkan gaya hidup sehat.

Saat Anda ingin makan, pastikan makanan yang Anda konsumsi memenuhi gizi seimbang. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak dan juga serat. Selain itu, perhatikan juga porsinya. Porsi makan sangat penting untuk diperhatikan agar berat badan Anda tidak bertambah. Perlu diingat bahwa sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk tubuh.

4. Istirahat yang Cukup

Olahraga yang rutin dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang tidak akan berakhir baik jika Anda tidak beristirahat dengan cukup. Menurut Cheri Mah, pakar masalah gangguan tidur di Stanford University dan University of California mengatakan, bahwa tidur merupakan kebutuhan mendasar untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Tidur akan membuat pikiran lebih tenang dan tubuh menjadi lebih sehat. Jika pondasi dasar ini goyah, akan berdampak pada kesehatan. Mulai dari sistem kekebalan tubuh, selera makan, energi hingga membuat suasana hati yang lebih baik.

Itu dia empat langkah dasar yang bisa Anda lakukan untuk memulai pola hidup sehat. Setelah Anda rutin menjalankan langkah-langkah di atas, Anda bisa menjalankan hal-hal lainya yang bisa mendukung gaya hidup sehat yang sudah Anda jalankan. Seperti mengurangi asupan gula hingga mengonsumsi camilan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *