4 Manfaat Zat Besi Bagi Tubuh, No 4 Penting Bagi Janin

Manfaat Zat Besi Bagi Tubuh

Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak hanya berupa karbohidrat dan yang lainnya, tetapi juga dalam bentuk vitamin dan mineral. Salah satu yang memiliki peranan penting adalah zat besi. Manfaat zat besi bagi tubuh sangatlah penting karena menjadi salah satu faktor utama untuk produksi sel darah merah.

Manfaat Zat Besi Bagi Tubuh

Agar tubuh memperoleh manfaat zat besi secara optimal maka pastikan kebutuhannya selalu terpenuhi. Pasalnya kekurangan mineral ini akan membuat Anda mengalami anemia defisiensi zat besi. Gejala yang dapat terlihat adalah lemas, kepala pusing, dan gemetar.

Mencegah Terjadinya Anemia

Zat besi memiliki peranan yang penting dalam pembentukan sel darah merah pada sumsum tulang belakang.  Terutama untuk pembentukan hemoglobin yang merupakan protein dalam sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Jika terjadi kekurangan hemoglobin maka sel tubuh tidak akan  bekerja dengan baik. Karena kurang Oksigen yang merupakan zat pembakar utama untuk mengubah semua nutrisi yang ada. Kondisi ini tentu dapat menimbulkan berbagai gejala yang dimulai dari kelelahan akut, sakit kepala, sesak nafas, serta jantung berdebar.

Meningkatkan Fungsi Otot

Besi juga memiliki peran yang penting dalam pembentukan mioglobin yang merupakan protein transporter oksigen ke otot. Sehingga otot tetap dapat bekerja secara optimal. Kekurangan oksigen akan menyebabkan otot menjadi lemas dan tidak dapat berkoordinasi antara satu dengan yang lainnya.

Menjaga Kesehatan Otak

Otak membutuhkan oksigen dalam jumlah yang cukup agar dapat berfungsi secara optimal untuk mengendalikan gerakan sadar dan tidak sadar di seluruh tubuh.  Oleh karenanya kekurangan zat besi akan membuat kemampuannya bekerja menurun drastis. Hal ini dapat terlihat dari gejala yang paling sederhana yaitu menguap agar mendapatkan tambahan oksigen.

Dengan begitu, kekurangan zat besi secara tidak langsung akan mempengaruhi fungsi otak. Karena secara otomatis tidak akan terbentuk hemoglobin dalam cukup yang dapat mengantarkan kebutuhan oksigen tersebut secara optimal. Gejala paling awal biasanya adalah menurunnya daya konsentrasi serta mudah mengantuk.

Mengurangi Kemungkinan Lahir

Zat besi merupakan mineral yang memiliki peranan pokok dalam pembentukan hemoglobin. Pada perempuan yang sedang mengandung tentu akan memerlukan tambahan zat besi untuk mendukung pertumbuhan janin sekaligus menjaga kesehatannya.

Oleh karenanya, kekurangan mineral ini akan membuat janin mengalami hambatan untuk bertumbuh karena kekurangan hemoglobin dan sel darah merah untuk mendukung pertumbuhannya. Oleh karenanya, banyak janin yang lahir prematur karena kekurangan mineral ini.

Oleh karena manfaat zat besi yang sangat penting bagi tubuh maka Anda diharapkan dapat konsumsi sejumlah sajian yang mengandung mineral ini. Jangan sampai mengabaikan kebutuhan zat besi karena akan mempengaruhi proses metabolisme ada di dalam tubuh.