Pasar Gora

Pojok informasi yang layak untuk dijadikan referensi

5 Tips Pemberian Nama Anak Menjelang Kelahiran
Parenting

5 Tips Pemberian Nama Anak Menjelang Kelahiran

Nama adalah identitas penting untuk bayi yang baru lahir. Pemberian nama adalah suatu kewajiban bagi orang tua. Oleh karena itu, pada saat pemberian nama harus dipertimbangkan dengan baik. Pasalnya nama dapat memberikan makna dalam kehidupan anak kelak saat dewasa. Berikut ini ada beberapa tips pemberian arti nama anak menjelang kelahirannya.

1. Memiliki Makna atau Arti yang Baik

Pada saat Ibu hamil mengandung anak yang sudah terlihat kelaminnya, entah itu laki-laki maupun perempuan, ada baiknya segeralah mempertimbangkan nama. Ada baiknya pemberian nama yang diberikan mengandung makna yang baik atau mengandung arti yang baik. Misalnya nama bunga matahari yang terlihat ceria. Bisa juga mengandung arti atau makna dari suatu peristiwa.

Jangan sampai memberikan makna atau arti yang dapat memberikan kesan kurang baik. Misalnya saja pada waktu lahir, anak memiliki warna kulit yang cenderung gelap. Jangan sampai memberikan nama hitam. Hal ini dikarenakan dalam pemberian nama mengandung doa atau harapan yang baik dari orang tua.

2. Nama yang Jelas antara Perempuan dan Laki-Laki

Saat anak sudah terlihat jenis kelaminnya, ada baiknya Anda menyiapkan nama yang sesuai dengan jenis kelaminnya. Bila jenis kelaminnya perempuan, siapkan nama perempuan. Bila jenis kelaminnya laki-laki, siapkan nama laki-laki. Jangan pernah memberikan nama yang tidak sesuai dengan jenis kelaminnya. Bukan berarti apa-apa, hanya saja etika tentang keindahannya akan lebih bagus bila disesuaikan dengan jenis kelaminnya.

3. Nama yang Membanggakan

Nama yang baik dan bagus adalah nama yang bisa membanggakan baik untuk bayi yang baru lahir maupun untuk kedua orang tua. Pasalnya, nama adalah suatu kehormatan yang melambangkan ciri khas dari suatu keluarga. Oleh karena itu, sebagai kedua orang tua harus mencari inspirasi nama bayi yang indah agar kehormatan suatu keluarga menjadi terpandang dengan baik.

4. Tidak Menjadi Beban

Beban di sini adalah nama tidak mengurangi rasa percaya diri pada saat anak sudah menjadi dewasa. Pasalnya, pada saat anak-anak mulai beranjak dewasa sering adanya olok-olokan nama. Memang hal tersebut bukanlah hal yang utama.

Namun, nama yang menjadi beban bisa mempengaruhi psikologis anak. Selain itu, nama yang menjadi beban seperti nama yang mengandung sifat tuhan, juga bisa mempengaruhi kesehatan anak. Sekalipun hal ini banyak yang menganggap mitos, namun hal ini kurang tepat bila sifat tuhan menjadi bagian dari nama bayi yang baru lahir.

5. Mudah Dilafalkan dan Dieja

Tips ini juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan dalam memberikan nama pada bayi yang baru lahir. Pasalnya nama yang mudah dilafalkan dan dieja, pada saat dipanggil nama tidak akan berubah jauh dari nama aslinya. Apabila nama sudah mengandung makna yang baik dan panggilan memiliki makna yang berbeda, tentu makna yang diharapkan dan mengandung harapan orang tua kepada anak menjadi tak sesuai aslinya.

Nah, itulah beberapa hal atau tips yang bisa Anda perhatikan dalam memberikan arti nama kepada bayi yang menjelang kelahiran. Jangan lupa untuk selalu mengetahui arti bila Anda menggunakan bahasa asing selain Bahasa Indonesia.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *