5 Tips Penting Saat Akan Kredit Mobil

5 Tips Penting Saat Akan Kredit Mobil

Perkembangan otomotif saat ini memang sudah sangat maju. Buktinya, sekarang sudah banyak bermunculan berbagai macam kendaraan baru dengan beragam fitur serta desain modern. Salah satu yang cukup banyak peminatnya tentu adalah Toyota Veloz. Bukan tanpa alasan, mobil tersebut hadir dengan berbagai macam penawaran menarik bagi para pecinta otomotif.

Namun, harga dari mobil ini memang terbilang mahal sehingga untuk membeli kontan banyak orang kesusahan. Akhirnya, pilihan membeli kredit banyak digunakan oleh masyarakat. Nah, bagi Anda yang juga ingin membeli mobil secara kredit, ada baiknya untuk lebih teliti dan berhati-hati. Untuk itu, Anda bisa simak beberapa tips aman kredit berikut ini.

Tips Aman Beli Mobil Secara Kredit

Mengingat harga Veloz termasuk tinggi, pembayaran kredit menjadi salah satu cara terbaik bagi Anda yang ingin membeli mobil tetapi uang cash belum cukup. Cara ini juga terbilang mudah untuk dilakukan serta syaratnya tidak terlalu rumit. Agar terhindar dari hal tidak diinginkan, Anda bisa mengikuti beberapa tips aman saat membeli kendaraan secara mencicil.

  1. Pilih Mobil Sesuai dengan Kebutuhan

Tips pertama agar tidak menyesal saat sudah kredit mobil adalah pastikan bahwa jenis kendaraan memang betul-betul sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan lagi apakah Anda ingin membeli mobil untuk perorangan atau beli untuk kebutuhan transportasi keluarga. Hal ini sangat penting mengingat cicilan akan dibayarkan dalam tenor waktu sehingga kalau sampai salah beli tentu itu akan merugikan.

Sebagai contoh, apabila digunakan untuk kebutuhan keluarga, maka bisa membeli jenis mobil MPV dibandingkan dengan model sedan. Sebaliknya, jika kendaraan memang hanya digunakan perorangan atau pribadi saja, membeli jenis mobil sedan bisa jadi pilihan tepat. Satu hal yang pasti, Anda harus secara bijak memilih jenis mobil apa yang benar-benar diperlukan saat ini.

  1. Hitung Budget yang Dimiliki

Dalam melakukan angsuran berbagai macam kredit pribadi, jumlah paling besar hanya sekitar 30% saja dari jumlah penghasilan bulanan di slip gaji. Oleh karena itu, pastikanlah bahwa Anda punya dana cukup untuk membayar Down Payment atau DP. Besaran DP biasanya sebesar 20 % sampai dengan 30 % dari harga mobil.

Perlu diketahui, besaran DP tersebut dapat memengaruhi total angsuran bulanan. Semakin besar DP yang dibayarkan maka cicilan bulanan yang harus dibayarkan akan lebih ringan. Sebagai tips, agar penambahan bunga cicilan tidak terlalu besar, lebih baik untuk memaksimalkan DP yang dibayarkan. Dengan begitu, bunga cicilan tiap bulan tidak akan terlalu besar.

  1. Coba Simulasi Cicilan

Tips berikutnya agar tidak mengalami kesalahan saat kredit mobil adalah melakukan simulasi kredit. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran secara sederhana tentang kondisi keuangan saat proses pembayaran cicilan. Dengan mencoba simulasi tersebut, Anda bisa melakukan perkiraan lebih matang terkait dengan pembayaran angsuran kendaraan.

Saat ini, sudah terdapat banyak sekali platform aplikasi yang menyediakan simulator seperti itu. Jadi, jangan sia-siakan fitur tersebut dan segera cek berbagai macam simulasi cicilan agar Anda bisa memperhitungkan budget dengan lebih matang sebelum mencicil kendaraan.

  1. Harus Lolos dari BI Check

Tips berikutnya adalah pastikan bahwa Anda lolos dari BI Check. Perlu diketahui, BI mempunyai peran sebagai pengawas semua transaksi keuangan nasional. Di dalam BI (Bank Indonesia) sudah terdapat sistem pendataan tentang aktivitas semua nasabah. Jadi, pada saat seseorang menggunakan fitur leasing ataupun kredit, pihak BI dapat mengetahui history-nya.

Oleh karena itu, sebelum mencicil kendaraan, pastikanlah terlebih dahulu jika Anda tidak terlibat masalah terkait dengan cicilan kredit. Paling sederhana, jangan sampai ada masalah menyangkut kartu kredit. Hal itu karena jika sampai pernah terjadi masalah, pemilik bisa masuk ke dalam daftar hitam BI. Dengan begitu, pengajuan kredit jenis apapun tidak akan bisa dilakukan.

Itulah tadi 4 tips yang bisa digunakan saat hendak melakukan kredit kendaraan. Gunakanlah tips tersebut agar bisa mendapatkan kredit terbaik. Nah, bagi Anda yang mungkin berencana untuk kredit Veloz ataupun kendaraan Toyota lainnya, langsung saja mendatangi dealer Toyota ASTRIDO terdekat. Pastinya Anda akan mendapatkan penawaran harga terbaik serta pelayanan profesional dari Toyota ASTRIDO.