Cara Mudah dan Jitu Menambah Berat Badan Anak yang Kurus agar Ideal

Cara Mudah dan Jitu Menambah Berat Badan Anak yang Kurus agar Ideal

Agar masa tumbuh kembang anak tetap gemilang tentunya harus ada peran orang tua yang selalu mengawasinya. Pada masa tersebut, anak cenderung membutuhkan asupan berupa nutrisi dan gizi yang mampu menunjang tumbuh kembangnya dengan tepat.

Oleh sebab itu orang tua menjadi faktor paling penting dalam tumbuh kembang anak, yang mana orang tua harus memperhatikan makan dan minum apa saja yang di konsumsi oleh anak, apakah mencukup nutrsinya atau malah bisa overload yang bikin anak mengalami obesitas.

Anak lebih yang mengalami obesitas lebih mudah kita sadari sebagai orang tua dibandingkan anak yang kekurangan berat bada. Oleh sebab sebagai ora tua harus lebih perhatian, apakah berat badan anak normal atau dibawah normal pada kurva pertumbuhan anak secara normal.

Berikut ini adalah cara menaikkan berat badan anak 4 tahun yang bisa simak ulasannya dibawah ini

  1. Tinggi Kalori

Untuk anak yang sedang berada di usia antara 4 sampai 8 tahun pada umunya membutuhkan 1.200 hingga 1400 Kalori setiap harinya. Apabila sudah memastikan asupan kalori sudah seperti yang seharusnya tapi berat badan anak masih terlihat kurus, bisa menaikan 500 Kkal lagi. Biasanya setelah satu minggu melakukan perubahan jumlah asupan kalori yang di konsumsi maka akan terlihat langsung perubahan berat badan pada anak.

  1. Tingkatkan Asupan Lemak

Lemak memang baik untuk menambah berat badan, tapi pastikan terlebih dahulu bahwa lemak yang di konsumsi adalah lemak baik. Ada beberapa makanan yang mengandung lemak baik seperti keju, saus krim, mentega, miyak zaitun, mayones  dan beberapa sayuran juga mengandung lemak baik. Jadi bisa di kondisikan berdasarkan selera anak.

  1. Penambahan Karbohidrat

Nasi adalah sumber karbohidrat yang biasa di konsumsi. Penambahan porsi nasi pada anak belum tentu berhasil karena biasanya pada usia 4 tahun agak sulit anak mau mengkonsumsi nasi dalam jumlah banyak. Oleh sebab itu bisa ganti dengan cemilan seperti madu, buah-buahan kering, kismi dan granola.

  1. Waktu Minum

Pada saat mengkonsumsi hindari mengkonsumsi minuman yang berlebih pada anak. Karena mengkonsumsi minuman saat makan membuat anak lebih mudah terasa kenyang.

  1. Jadwal Makan

Pastikan anak memiliki jadwal makan 3x dalam sehari jangan sampai kurang supaya nutrisi tubuh terpenuhi. Di tambah dengan mengkonsumsi susu agar masa otot serta tulang terbentuk dengan baik.

  1. Porsi Makan

Perbanyak porsi makan anak, tapi jangan terlalu signifikan penambahan porsinya. Lakukanlah secara bertahap agar hal tersebut tidak di sadari oleh sang anak.

  1. Variasi Menu Makan

Nah ini penting banget, karena anak biasanya kurus karena tidak mau makan. Karena menu makanan yang disajikan cenderung monton. Oleh sebab itu perlunya variasi makanan setiap harinya agar anak tidak merasa bosan.

Selain beberapa cara di atas, pastikan juga anak memiliki tidur yang cukup agar tidak mudah merasa lelah. Karena anak yang lelah biasanya malas untuk makan. Semoga bermanfaat pembahasan kali ini, sampai jumpa di pembahasan lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *