Definisi Perubahan Iklim Global, Ini Dia Penyebabnya!

Definisi Perubahan Iklim Global, Ini Dia Penyebabnya!

Sudah tahukah kamu apa itu perubahan iklim global? Iklim seringkali dimaknai sebagai cuaca, lantas apakah perubahan iklim adalah perubahan cuaca?

Bagi kamu yang belum tahu, perubahan iklim merupakan suatu perubahan pola cuaca tertentu di sebuah wilayah dalam jangka waktu yang panjang. Tak jarang perubahan iklim ini dikaitkan / dihubungkan dengan pemanasan global.

Apa itu pemanasan global? Pemanasan global sendiri yaitu kenaikan suhu bumi yang berlangsung selama satu decade atau bahkan lebih, salah satu penyebab kenaikan suhu ini ialah perubahan iklim.

Pengertian Perubahan Iklim Global

Pengertian iklim yaitu rata-rata cuaca. Iklim juga menjadi penanda keadaan atmosfer dalam kurun waktu tertentu. Definisi perubahan iklim global menurut Kementerian Lingkungan yaitu sebuah proses perubahan kondidi fisik atmosfer bumi yang berupa suhu / temperature hingga distribusi curah hujan.

Istilah perubahan iklim ini seringkali dianggap sama dengan pemanasan global. Padahal, pemanasan global hanyalah suatu fenomena yang terjadi dalam serangkaian perubahan iklim secara global.

Mengapa demikian? Pemanasan global terjadi akibat adanya peningkatan jumlah emisi gas rumah kaca pada atmosfer bumi. Sedangkan perubahan iklim global ini tak hanya mengenai suhu bumi, tapi juga menyangkut kondisi angin, awan, juga radiasi matahari.

Penyebab Perubahan Iklim Global

Berbeda dengan pemanasan global, perubahan iklim global dapat dipicu oleh serangkaian aktivitas manusia yang berhubungan langsung dengan lingkungan hidup.

Hem, apa saja ya penyebab adanya perubahan iklim secara global? Untuk kamu yang mau tahu, yuk simak poin-poin di bawah ini.

Gas Rumah Kaca

Penyebab yang pertama yaitu gas rumah kaca. Kamu pasti sudah sering mendengar bahwa gas rumah kaca adalah penyebab utama terjadinya pemanasan global, bahkan perubahan iklim secara global.

Beberapa jenis gas seperti Karbondioksida, metana, dinitrogen oksida, serta gas berfluorinasi cenderung menyerupai rumah kaca yang mencegah sinar / panas matahari keluar ke atmosfer.

Meningkatnya Penggunaan Kendaraan Bermotor

Penyebab perubahan iklim global yang selanjutnya yaitu penggunaan kendaraan bermotor yang meningkat. Kamu pasti tahu bahwa kendaraan bermotor menggunakan bahan bakar fosil.  Nah, bahan bakar fosil yang digunakan ini cenderung melepaskan polusi gas kimia ke udara.

Meningkatnya Kegiatan yang Menghasilkan Emisi

Tak hanya kendaraan bermotor dan rumah kaca, berbagai kegiatan yang menghasilkan emisi juga menjadi penyebab perubahan iklim global. Kegiatan seperti apa yang dapat menghasilkan emisi? Berikut contohnya:

  • Pembuatan energi, bahan bakar fosil dibakar untuk menghasilkan energi listrik dan panas. Pembakaran bahan bakar ini menghasilkan emisi Karbondioksida dan dinitrogen oksida.
  • Penebangan hutan, pohon yang ditebang akan melepaskan karbon yang ada di dalamnya. Bukan hanya itu, penyerapan emisi gas rumah kaca juga berkurang karena hutan kehilangan fungsinya saat ditebang.