Jaga Alam dengan Kemasan Produk Ramah Lingkungan!

Jaga Alam dengan Kemasan Produk Ramah Lingkungan!

Saat ini, kepedulian masyarakat akan lingkungan semakin tinggi. Terbukti, banyak masyarakat lebih memilih produk-produk ramah lingkungan. Kemasan produk ramah lingkungan adalah salah satu contohnya. Kita bisa melihat perusahaan besar maupun UMKM mulai menarik perhatian masyarakat dengan produk-produk ramah lingkungan yang mereka tawarkan.

Apa Itu Kemasan Produk Ramah Lingkungan?

Kemasan ramah lingkungan adalah produk yang kemasannya tidak berdampak buruk bagi alam atau lingkungan karena menggunakan bahan yang aman untuk lingkungan. Bisa disebut produk ramah lingkungan jika produk itu tidak menghasilkan banyak karbon emisi. Pasalnya, terlalu banyak karbon dioksida dapat merusak alam dan lingkungan. Bahkan, emisi karbon inilah yang mengakibatkan terjadinya efek pemanasan global dan perubahan iklim.

Sering kali, kemasan yang ramah lingkungan disebut eco-friendly. Sebaiknya, kemasan produk dapat didaur ulang, dapat digunakan lagi, atau mudah untuk diubah menjadi pupuk kompos. Jadi, kemasan ramah lingkungan berkelanjutan tidak berdampak negative ke lingkungan dari mulai penggunaan bahan, proses pembuatan, sampai saat produk sudah dibeli konsumen.

Kenapa Harus Menggunakan Kemasan Produk Ramah Lingkungan?

Isu pemanasan global semakin santer kita dengar di media di seluruh dunia. Perlu diketahui, penyebab kerusakan alam ini adalah meningkatnya jumlah sampah dari pola konsumerisme masyarakat. Oleh sebab itu, kemasan yang dipakai harus tidak berdampak buruk terhadap lingkungan (ramah lingkungan).

Jadi, memilih kemasan produk ramah lingkungan dapat menjaga bumi supaya hijau kembali dalam jangka Panjang. Bahkan, Anda juga telah berinvestasi jangka Panjang melalui produk eco-friendly. Pasalnya, hal ini akan memberikan dampak baik bagi anak dan cucu Anda semua.

Bahan Dasar Kemasan Produk Ramah Lingkungan untuk UMKM

Apakah Anda sedang merintis bisnis UMKM? Kini, sudah saatnya Anda fokus pada penggunaan kemasan yang ramah lingkungan untuk produk-produk yang Anda jual. Lalu, apa saja bahan-bahan dasar yang digunakan untuk kemasan yang ramah lingkungan?

Salah satunya adalah kota karton bergelombang. Selain itu, bahan kemasan dari plant-based atau nabati juga termasuk kemasan yang ramah lingkungan. Bahan lainnya adalah plastik dan kertas daur ulang. Dengan menggunakan bahan-bahan dasar tersebut untuk kemasan produk Anda, artinya Anda sudah turut serta menjaga lingkungan.

Sama seperti Anda, Nestle juga terus mempelajari kemasan produk yang ramah lingkungan. Hingga kini, komitmennya sudah dibuktikan pada produk-produknya yang menggunakan kemasan berbahan kertas daur ulang seperti Nesquik All Natural, Smarties, dan Maggi bouillon cubes.

Di Indonesia, Nestle juga menawarkan beragam bentuk kemasan produk ramah lingkungan. Misalnya adalah Dancow, Milo, dan Nescafe Ready-to-Drink dengan sedotan dari kertas. Sampai kini, semua produk siap konsumsi Nestle telah mengganti sedotan yang dulunya terbuat dari plastik menjadi dari kertas.