Kenali Gejala Maag Sejak Dini untuk Penanganan Lebih Lanjut

Kenali Gejala Maag Sejak Dini untuk Penanganan Lebih Lanjut

Salah satu penyakit yang paling sering dialami masyarakat di Indonesia adalah maag. Meskipun kebanyakan orang mengidapnya, bukan berarti Anda tidak waspada. Jika dibiarkan gangguan lambung tersebut bisa semakin parah dan sulit disembuhkan. Oleh sebab itu, perlu mengetahui gejala atau ciri-cirinya untuk penanganan lebih lanjut, yakni pengobatan yang sesuai.

Gejala Sakit Maag

Secara umum, penderita maag biasanya mengalami rasa sakit di ulu hati serta mual. Penyakit tersebut bisa menyerang siapa saja serta dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari luka lapisan dinding lambung, infeksi bakteri, hingga penggunaan obat-obatan tertentu. Setelah itu, cobalah mengenali gejala-gejala berikut untuk melakukan pengobatan lebih lanjut.

1. Perut Terasa Sakit

Gejala paling sering terjadi pertama adalah perut terasa sakit. Hal tersebut terjadi karena adanya infeksi lambung serta peradangan. Penyebabnya juga dapat berasal dari gangguan pencernaan lainnya. Rasa sakit biasanya tidak terlalu besar, namun jika dibiarkan lama-lama pasti akan mengganggu aktivitas keseharian Anda. Ini juga diikuti gejala lain, seperti rasa ingin muntah maupun muntah.

2. Mual

Mual-mual menjadi gejala berikutnya dimana terjadi secara berulang-ulang atau terus-terusan. Rasa mual ini dapat terjadi saat sedang makan, setelah makan, hingga tidak makan sama sekali. Dari tingkatan maag yang ada, rasa mual-mual tersebut mempunyai tingkatan berbeda-beda. Apabila sudah akut atau kronis, maka bisa menyebabkan mual sangat menyakitkan.

3. Nyeri Pada Dada

Heartburn menjadi tanda munculnya penyakit maag. Dada Anda akan terasa sangat sakit serta muncul sensasi terbakar. Hal tersebut terjadi karena asam lambung naik. Kondisi ini disebut sebagai Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Saat munculnya gejala nyeri dada, penderita dapat minum air putih yang hangat hingga rasa nyerinya hilang perlahan-lahan.

4. Nafsu Makan Menurun

Penyakit yang menyerang sistem pencernaan ini, mempunyai tanda berupa menurunnya nafsu makan. Masalah kesehatan tersebut dibarengi oleh kondisi mual dan muntah. Jika sudah begitu, Anda pasti tidak akan mau makan karena rasanya sangat tidak enak. Apabila terus-terusan terjadi tanpa diobati, bisa menyebabkan penyakit lebih parah lagi.

5. Muntah

Setelah merasa mual-mual, penderita maag juga sering mengalami muntah. Biasanya warna muntahannya adalah kuning atau hijau. Ini akan menyebabkan rasa pahit serta asam. Munculnya warna tersebut terjadi sebab adanya cairan empedu dalam lambung yang bermasalah. Asam lambung naik pada penderita maag akut bahkan dapat menyebabkan muntah darah.

Itu dia informasi tentang gejala-gejala dari penyakit maag. Ciri-ciri tersebut harus Anda waspadai karena bisa muncul kapan saja. Berbagai penyebabnya juga harus diperhatikan sehingga bisa segera diberikan penanganan lanjutan. Anda bisa dapatkan berita seputar kesehatan dan lainnya di orami.co.id. Tersedia juga beragam produk jualan untuk penuhi kebutuhan sehari-hari.