Mengatasi Sulit Minum Susu Anak 3 Tahun

Mengatasi Sulit Minum Susu Anak 3 Tahun

Susu anak 3 tahun menjadi sumber nutrisi yang sangat bagus bagi tumbuh kembang anak. Susu mempunyai kandungan yang sangat bagus bagi kesehatan tulang dan gigi. Kendati demikian, tidak semua anak suka susu.

Bagi orang tua yang punya anak enggan atau malah tidak suka minum susu, ada beberapa hal dan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Beberapa tips yang kamu berikan dapat diikuti di artikel ini.

Apa Susu Masih Penting untuk Balita?

Secara umum, anak umur 3 tahun memerlukan kalsium yang jumlahnya cukup banyak. Dimana kalsium tersebut digunakan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi agar semakin kuat.

Meskipun orang tua telah memberi anak makan tiga kali sehari, susu dan berbagai produk olahannya tetap menjadi sumber kalsium terbaik yang sangat disarankan. Tak hanya itu, susu juga punya manfaat yang sangat bagus bagi anak.

Beberapa kandungan penting seperti kalsium, protein dan vitamin D sangat bagus untuk tumbuh kembang anak. Kalsium mampu meningkatkan kepadatan tulang dan gigi pada anak.

Sedangkan vitamin D berguna untuk mengatur kebutuhan fosfor serta protein di dalam tubuh. Fosfor dan kalsium adalah zat yang diperlukan untuk membentuk tulang anak menjadi optimal.

Tips Memberi Susu Untuk Anak Usia 3 Tahun

Kendati manfaat minum susu bagi anak usia 3 tahun sangat penting, tetap saja anak masih sangat enggan. Hal tersebut wajar karena anak di usia 3 tahun sangat pemilih dalam mengonsumsi makanan.

Yang paling penting, orang tua jangan sampai menyerah. Berikut adalah tips yang dapat dilakukan orang tua saat anaknya enggan minum susu :

  • Ubah wadah untuk minum susu

Bagi orang tua yang punya anak sulit minum susu coba ubah wadah yang kamu berikan pada anak. Coba berikan gelas khusus susu yang punya desain dan warna menarik.

Tujuannya supaya anak menjadi tertarik dan ingin minum susu secara rutin lagi. Jika perlu, gelas yang dipakai bisa digambari dengan tokoh kartun favorit.

Tujuannya supaya minum susu menjadi kegiatan yang menyenangkan dan tidak memberatkan anak. Meskipun sederhana, tapi banyak orang tua yang berhasil dengan trik ini.

  • Ubah pola minum sush

Pola minum susu pada anak juga sangat mempengaruhi. Sesekali tidak ada salahnya jika ingin mengubah cara memberikan susu pada anak.

Misalnya, jika biasanya minum susu hangat dan susunya tidak mau diminum habis, coba beralih ke susu dingin.

Atau orang tua bisa menyajikan susu menjadi beberapa minuman lain berbahan susu. Misalnya saja milkshake, pudding hingga fruit smoothie. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan kesukaan anak.

  • Tambahkan susu di menu harian

Anak sudah enggan minum susu murni yang diberikan. Tenang saja karena ada cara yang bisa jadi alternatif. Di mana orang tua bisa menambahkan susu di menu sereal makan pagi atau jus buah.