Menyimak Tips Membuat Kopi Enak Ala Barista

Menyimak Tips Membuat Kopi Enak Ala Barista

Kopi menjadi salah satu minuman yang sangat populer di kalangan masyarakat. Banyak penikmat kopi yang selalu menikmati sajian minuman ini setiap hari. Nah, di kalangan penikmat kopi tersebut, cukup banyak pertanyaan yang muncul, salah satunya bagaimana cara untuk membuat kopi enak ala barista. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Tentu, mengetahui cara membuat kopi yang enak merupakan hal yang penting. Dengan pengetahuan ini, Anda bisa membuat kopi yang nikmat untuk dinikmati setiap hari.

Berikut ini ada beberapa tips mendasar yang penting diketahui agar Anda bisa membuat kopi nikmat dengan mudah. Apa saja? Simak ulasannya!

Tips Membuat Kopi Enak Dengan Mudah

Ada beberapa tips yang sebenarnya cukup mendasar dan penting untuk membuat kopi yang nikmat. Adapun beberapa tips tersebut adalah:

  1. Pilih biji kopi yang tepat

Kopi yang enak tentu berasal dari biji kopi yang baik. Oleh karenanya, untuk bisa membuat kopi yang nikmat, maka Anda perlu membeli biji kopi pilihan terlebih dahulu.

Perlu diketahui bahwa ada banyak sekali jenis biji kopi yang ada di pasaran. Tentu, beragam biji kopi tersebut juga tersedia dalam kualitas yang berbeda. Nah, berusahalah untuk mencari biji kopi terbaik demi secangkir kopi yang lebih nikmat.

  1. Perhatikan takaran kopi

Untuk bisa menghasilkan kopi yang nikmat, maka Anda perlu menakar kopi dan air dengan pas. Pasalnya, jika Anda menggunakan air yang terlalu sedikit, maka kopi akan terasa sangat pekat dan cenderung pahit. Sebaliknya, jika air yang digunakan terlalu banyak, maka rasa kopi akan pudar dan cenderung watery.

Lantas, berapa takaran yang pas untuk membuat kopi enak?

Memang, ada perbedaan mengenai takaran yang bisa digunakan. Namun, secara umum, takaran yang banyak digunakan adalah perbandingan 1:15 hingga 1:18 untuk kopi dan air.

  1. Lihat suhu air yang digunakan

Suhu air juga akan berpengaruh pada hasil kopi yang dibuat. Pasalnya, air akan mempengaruhi proses ekstraksi pada kopi tersebut.

Dalam hal ini, jika suhu yang digunakan untuk membuat kopi terlalu tinggi, maka akan terjadi over extraction yang membuat rasa kopi menjadi pahit. Sebaliknya, jika suhu air terlalu rendah, maka ekstraksi tidak akan maksimal. Suhu yang disarankan untuk membuat kopi sebaiknya adalah sekitar 92 derajat celcius.

Nescafe, Pilihan Kopi Enak Tanpa Ribet

Jika Anda ingin membuat kopi yang nikmat dan tidak ribet, maka Nescafe adalah pilihan yang tepat. Produk kopi ini dibuat dengan biji kopi pilihan yang berkualitas tinggi sehingga menghasilkan rasa kopi yang istimewa.

Tidak hanya itu, Nescafe sangat mudah dibuat. Hanya dengan menambahkan air panas saja, segelas kopi enak sudah tersaji. Anda bisa menambahkan gula atau creamer sesuai selera untuk mencari rasa yang pas.